Laporan Kebebasan Beragama/Berkeyakinan dan Toleransi the Wahid Institute Tahun 2008

Laporan tahunan 2008 ini pada dasarnya menggunakan bahan-bahan dasar yang ada dalam MRoRI tersebut. Di samping hasil investigasi jaringan WI di berbagai daerah menyangkut kasus-kasus tertentu, kami juga memantau sejumlah isu keagamaan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik. Di samping itu, kami juga menggali data dari sumber-sumber lain yang kami anggap relevan. Dengan demikian, laporan tahunan ini pada dasarnya merupakan kompilasi dari laporan dalam MRoRI dengan memberi konteks yang lebih luas.

WI berharap laporan ini menjadi informasi penting bagi semua kalangan yang mempunyai perhatian terhadap perkembangan kehidupan beragama, mendorong proses demokratisasi dan penegakan hak asasi manusia. Bahkan, ke depan kami berharap hasil pantauan seperti ini bisa menjadi salah satu faktor penting untuk mengukur keberhasilan dan kegagalan pemerintah, bukan semata-mata soal pertumbuhan ekonomi, pemberantasan korupsi, pemerintah yang bersih dan sebagainya. Hal ini penting, karena dalam beberapa kasus, isu agama sering digunakan untuk menaikkan
citra pemerintah meskipun hal itu dilakukan dengan mendiskriminasi pihak tertentu.

Akhirnya, the WAHID Institute menyadari, laporan tahunan pluralisme beragama/berkeyakinan 2008 ini belum bisa sepenuhnya memuaskan, baik dari sisi metodologi pengumpulan data, model penyajian maupun analisisnya. Meski kami sudah berusaha untuk melakukannya sebaik mungkin, tapi keterbatasan di sana-sini tetap membentur kami. Segala kekurangan dalam laporan tahunan ini sepenuhnya tanggungjawab WI.

Selengkapnya Laporan Tahunan the Wahid Institute 2008 unduh di sini

4378