14
Agu 2015

 

DEPOK - Kelompok perempuan dampingan Wahid Institute di wilayah kota Depok, Jawa Barat mendapat pelatihan bagi Fasilitator tentang kewirausahaan berbasis gender (Gender and Entrepreneurship Together (GET) Ahead. Pelatihan yang diinisiasi oleh The Wahid Institute untuk memperkuat kapasitas komunitas dampingan Koperasi Cinta Damai (KCD) Wahid di Kota Depok.

 

Pelatihan digelar di Gedung Yatama Kelurahan Duren Seribu, Sawangan, Depok selama 4 hari (10 – 13 Agustus 2015).

 

Bina Mitra Usaha Nusantara, lembaga konsultan yang menjadi mitra Wahid Institute dalam pelatihan ini merancang materi pelatihan GET Ahead dalam 11 sesi, yaitu dengan 4 sesi demonstrasi yang difasilitasi oleh Fasilitator dan 7 sesi praktek oleh peserta.

 

“Pelatihan bagi calon Fasilitator GET Ahead ini bertujuan untuk mendorong perempuan dalam mengembangkan ‘pikiran usaha’ yang nantinya diharapkan dapat memotivasi mereka untuk mempelajari keterampilan lain yang dibutuhkan dalam memulai atau mengembangkan usaha mereka,” kata jimmy Febriyadi dari BMU Nusantara.

 

Sebanyak 14 orang peserta perempuan terlibat dalam pelatihan GET Ahead ini. Seluruh peserta merupakan anggota KCD Wahid dari daerah Depok, Jawa Barat.

 

“ Pelatihan ini bermanfaat bagi kita yang ingin merintis dan mengembangkan usaha,” kata Lili salah satu anggota KCD Wahid.

 

Banyak praktek membangun usaha yang disajikan oleh pelatih dalam pelatihan ini membuat peserta antusias mengikuti sesi demi sesi pelatihan. “Kami dihadapkan pada permainan-permainan yang seperti kejadian nyata,” tambah Lili.

 

Namun demikian ada beberapa kendala yang membuat empat peserta tidak bisa mengikuti pelatihan hingga tuntas. Karena urusan pekerjaan domestik membuat empat peserta tidak bisa menggenapkan pelatihan. [GF]

2624
 

Add comment


Security code
Refresh