27
Jun 2015

BOGOR - Ramadhan tahun ini sangat berarti bagi Wahid Institute. Pasalnya bersamaan dengan momentum Puasa 1436 Hijriah ini, organisasi non profit besutan mantan Presiden Abdurrahman Wahid, ini menggelar buka puasa bersama dengan seluruh kelompok perempuan dampingan yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Depok.

 

Buka Puasa Bersama bertajuk Menjadi Insan Berdaya & Berbagi untuk Sesama, ini digelar pada Sabtu, 27 Juni 2015 Graha Keadilan, LBH Keadilan Bogor Raya, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Dampingan dengan jumlah anggota sekitar 250 orang itu berasal dari beragam latar belakang suku dan agama. Untuk Kabupaten Bogor, mereka dari Desa Tonjong dan Desa Tajurhalang di Kecamatan Tajurhalang. Juga hadir ibu-ibu dampingan dari Kecamatan Kemang yang berasal dari Desa Jampang, Desa Pondok Udik dan Desa Kemang.

 

Sedang untuk Kota Depok terdapat sebanyak 400 anggota yang berasal dari Kelurahan Pengasinan dan Cinangka di Kecamatan Sawangan. Juga dari Kelurahan Bojongsari, Curug, dan Duren Mekar yang berada di Kecamatan Cinangka Kota Depok.

 

Mereka kini sedang merintis usaha bersama kelompok dan kegiatan peningkatkan keahlian individu lainnya. “Perlu ada saling keterhubungan antara kelompok-kelompok dampingan,” kata Harwanti, pendamping komunitas dari Wahid Institute.

 

Oleh sebab itu Wahid Institute juga mengundang pemangku kepentingan dari NGO dan ormas lintas agama di Bogor, juga aparat pemerintah Desa dan Kecamatan lokasi anggota dampingan.

 

“Dengan kehadiran mereka diharapkan terbangun dukungan dari para pemangku kepentingan di kabupaten Bogor terhadap usaha bersama yang sedang dirintis kelompok dampingan,” jelas Yanti panggilan akrab Harwanti.

 

Tak cuma silaturrahim, kata Yanti, dalam buka bersama itu juga ada penjualan sembako murah, serta diiringi kegiatan unjuk kreatifitas. “Ibu-ibu sudah siap memeriahkan acara dengan Qasidahan dan lomba peragaan busana muslim. Kami tinggal memfasilitasi saja,” ungkap Yanti.

 

Dalam kesempatan itu Direktur Wahid Institute, Yenny Wahid juga akan mengisi tausyiah Ramadhan. [GF]

1979
 

Add comment


Security code
Refresh