Islam dan Kaum Minoritas: Tantangan Kontemporer

Judul

Penulis

Cetakan I

Penerbit

:

:

:

:

Islam dan Kaum Minoritas:  Tantangan Kontemporer

Ahmad Suaedy, dkk

Desember 2012

The WAHID Institute, Jakarta

 

 

Bagaimana sesungguhnya Islam yang dipeluk mayoritas penduduk Indonesia melihat kaum minoritas? Adakah doktrin Islam yang lebih komprehensif melihat minoritas? Inilah pertanyaan yang patut disuguhkan manakala angka intoleransi, diskriminasi, dan kekerasan terhadap mereka di negeri ini terus melejit.

 

Pertanyaan itu tentu saja berangkat dari titik pijak bahwa intoleransi, diskriminasi, dan kekerasan oleh para pelaku di antaranya - dan bukan satu-satunya - dipengaruhi pemahaman keislaman mereka. Buku ini dihadirkan sebagai upaya menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diperkaya dengan mendiskusikan pengalaman di negara lain seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand. Gambaran di negara lain itu penting demi memberi horizon lebih luas mengenai diskursus dan pengalaman minoritas sekaligus sebagai bahan komparasi. Di sini dibincangkan pula problem dan tantangan yang dihadapi kamu minoritas: regulasi, akar-akar diskriminasi, hingga konteks politik Islam.

 

Dengan kesadaran penuh, problematika minoritas di negeri ini tentu saja tak bisa tuntas dengan sekadar menerbitkan buku. Namun apa yang disajikan dalam buku ini semoga saja memantik diskusi dan diskursus lebih luas lagi mengenai kontribusi Islam Indonesia terhadap masalah minoritas.

 

Vesi PDF sila unduh di sini


Hubungi:
The WAHID Institute
Jl. Taman Amir hamzah No. 8, Jakarta 10320, Indonesia
Phone: +62 21 3928233, 3145671 Fax: +62 21 3928250
www.wahidinstitute.org;
Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya
Contact Person. RISMA 021-99624792

3688