Annual Report 2013

Dengan tujuan besar organisasi untuk mendorong terwujudnya demokrasi, pluralisme dan multukulturalisme di Indonesia, dalam kerjanya The WAHID Institute berpegang pada empat program utama. Pertama, Advokasi for Justice. Programini lahir sebagai bentuk konsen The WAHID Institute dalam mendorong terwujudnya regulasi maupun penanganan kasus-kasus aktual terkait dengan kebebasan sipil dan kebebasan beragama yang lebih adil. Kedua, Education, Research and Campaign on Islam, Democracy and Pluralism. Tujuan keberadaan program ini adalah untuk mendesiminasikan gagasan demokrasi dan toleransi dalam kehidupan sosial masyarakat.

 

Untuk itu, The WAHID Instute melakukan serangkaian diskusi, seminar dan capacity building, serta research untuk membangun pemahaman dan mengkampanyekan Islam sebagai pembawa rahmat dan perdamaian semesta. Untuk meningkatkan keasadaran dan dukungan masyarakat luas terkait toleransi dan demokrasi di Indonesia, kami juga melakukan serangkan kampanye baik melalui media off-line maupun on-line. Ketiga, Community Empowerment.

 

Melalui program ini, The WAHID Institute berupaya membumikan visi Islam sebagai rahmat bagi alam semesta dalam kehidupan. Dalam program ini, tidak hanya penguatan di bidang pengetahuan dan beasiswa, The WAHID Institute juga melakukan penguatan ekonomi berbasis komunitas guna mendorong terciptanya perdamaian di level grasroot. Keempat, Gus Dur for Aid and Humanity. Program ini menjadi bagian dari manifestasi kepedulian dan aksi filantropi Gus Dur terhadap disadvantaged peoples, terutama bagi mereka yang sedang mengalami musibah bencana alam dan sosial.

Unduh Annual Report 2013 di sini

1315