s (section, id_post, name, email, comment) values ". "('network', '". $_p[id] ."', '". $_p[name] ."', '". $_p[email] ."', '". strip_tags($_p[comment]) ."')"; $r = $this->DB->query ($q); if ($r) redirect ($_p[post_url]); } $this->comment($handler); $handler[data] = $_p; } } ?> Wahid Institute › Jaringan › Lembaga Studi Sosial Dan Agama ELSA Semarang

Harlah the Wahid Institute Ke-9 & Orasi Kebangsaan "Kepemimpinan yang Berpihak pada yang Lemah (al-Mustad'afin)" Ir. H. Joko Widodo | Kamis, 26 September 2013, 09.30 - 12.30 WIB | The Wahid Institute Jln. Taman Amir Hamzah, No. 8, Jakarta | Olis (0878.3251.7514): Badrus (0813.1092.8060); Subhi (0815.8770.114); Alam (0815.9819.841)



Jaringan

Senin, 30 Januari 2012 12:56

Latar Belakang

Lembaga ini berdiri dengan dasar rasa keprihatinan atas berbagai problem sosial, politik, ekonomi, hukum dan terancamnya sendi-sendi demokrasi di Indonesia, Lembaga Studi Sosial dan Agama (selanjutnya, eLSA) didirikan. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk ikut aktif dalam proses membangun demokrasi di Indonesia supaya tercipta tatanan sosial, politik, ekonomi, hukum yang adil dan beradab. eLSA didirikan secara sah berdasarkan akte notaris dari Pengadilan Negeri Kota Semarang No. 2 tanggal 16 Agustus 2005.

Demokrasi adalah sistem yang paling sesuai untuk konteks Indonesia yang plural ini. Pengalaman pahit pemerintah Orde Baru yang otoriter, menindas dan represif, telah membuat kita semua trauma dan tidak terulang lagi untuk masa mendatang. Sebagaimana kecenderungan di setiap negara otoriter, di Indonesia pun pada waktu itu masyarakat tidak diberi kesempatan untuk mengekspresikan gagasan-gagasan demokrasi apalagi mengevaluasi kinerja pemerintah, misalnya dalam bentuk government Watch menyangkut pertanggungjawaban publik dan semacamnya. Kebebasan pers (free press) dibatasi bahkan dikebiri, demikian juga tidak ada kebebasan masyarakat sipil (civil liberties). Karena itu, eLSA “dideklarasikan” dalam rangka untuk ikut mengawal proses demokratisasi di Indonesia.

Dengan demikian, pendirian lembaga ini dimaksudkan untuk membentuk masyarakat yang mandiri, bebas dan otonom yang merupakan pra-syarat terwujudnya civil society agar tercipta iklim perpolitikan yang dinamis, egaliter, dan demoratis di Indonesia. Agar tujuan ini bisa terwujud, maka salah satu poin penting yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana pluralisme dan kebersamaan sebagai sesama bangsa yang mendiami kawasan majemuk seperti Indonesia. Kesadaran sebagai satu bangsa ini penting untuk ditanamkan mengingat negara ini dihuni oleh beragam etnis, suku dan agama yang sangat rawan terhadap munculnya konflik horisontal yang berbasis rasis/rasialisme maupun agama.

Etnisitas dan agama adalah entitas fundamental dalam mewujudakan sebuah negara demokrasi. Gagasan demokrasi hampir mustahil bisa terwujud tanpa memperhatikan realitas sosial dan agama, maka eLSA pun bergerak pada wilayah kerja yang bersifat pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran kritis di kalangan umat beragama untuk ikut serta membangun demokrasi di Indonesia.

Visi

eLSA mempunyai visi menegakkan demokrasi di atas basis pluralitas agama, etnis, ras, dan gender.

Misi

Menebarkan perdamaian universal yang dilandasi nilai-nilai kemanusiaan tanpa dibatasi oleh sekat-sekat primordial agama, etnisitas, ras, dan gender; menciptakan keadilan sosial di masyarakat; menumbuhkan kesadaran berdemokrasi; menanamkan pentingnya independensi dan civil society.

Dewan Pendiri
Dr. Abu Hapsin (Dewan Pendiri)
M. Arja Imroni (Dewan Pendiri)
Sumanto Al-Qurtuby (Dewan Pendiri)
Dr. Imam Yahya (Dewan Pendiri)

Konsultan
Prof John A. Titaley (Rektor Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Harjanto Halim (Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata)

Badan Pelaksana

Tedi Kholiludin (Koordinator)
Iman Fadhilah (Sekretaris)
M. Najibur Rohman (Divisi Kajian dan Publikasi)
Siti Rofiah (Divisi Studi Perempuan dan Advokasi)
Nur Ana Mustafidah (Divisi Pelatihan)

Alamat: Perum Pandana Merdeka N. 23 Ngaliyan Semarang
Kode pos: 50189. Contact: (024) 76633683. Hp. 081325773057 (Tedi) 08179541390 (Iman)
e-mail: elsa_smg@yahoo.co.id.
Website: www.elsaonline.com