Harlah the Wahid Institute Ke-9 & Orasi Kebangsaan "Kepemimpinan yang Berpihak pada yang Lemah (al-Mustad'afin)" Ir. H. Joko Widodo | Kamis, 26 September 2013, 09.30 - 12.30 WIB | The Wahid Institute Jln. Taman Amir Hamzah, No. 8, Jakarta | Olis (0878.3251.7514): Badrus (0813.1092.8060); Subhi (0815.8770.114); Alam (0815.9819.841)



Dokumen

Kamis, 4 April 2013 03:40

Pemerintah Kota Bekasi atas desakan Front Pembela Islam (FPI) telah dua kali melakukan aksi pemasangan larangan aktivitas di Masjid Al Misbah, milik Muslim Ahmadiyah di Jatibening.

Dalam aksi terakhir, 8 Maret 2013, Pemkot Bekasi melalui Satpol PP dan dikawal Polisi dan TNI melakukan penggombokan secara ilegal terhadap pintu-pintu masjid. Pada saat penggembokan jamaah Muslim Ahmadiyah masih di dalam masjid tengah melakukan shalat jumat. Terpaksa mereka menunggu hingga gelap dan keluar dengan meloncat jendela. Sejak penggombokan ilegal tersebut anggota FPI terus melakukan patroli ke masjid untuk mengecek kondisi rantai dan gembok yang dipasang oleh Satpol PP. Kedatangan mereka adalah bentuk intimidasi.

Hari ini, dari informasi yang berhasil dikumpulkan, setelah menerima demonstrasi FPI pagi tadi, Pemkot Bekasi berjanji akan melakukan penutupan dan penyegelan masjid Al Misbah.

Merespons masalah-masalah tersebut,Solidaritas Korban Pelanggaran Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (SobatKBB)menyatakan sikap sebagai berikut:

Pertama,Pemkot Bekasi melakukan pelanggaran atas jaminan hak Kebebasan Beragama sebagaimana dijamin Undang-Undang Dasar 1945 dan UU HAM. Pemerintah Kota Bekasi kembali mempermalukan wibawa Negara yang tunduk oleh aksi kelompok intoleran. Alih-alih melindungi warganya untuk beribadah Pemkot malah seperti merestui aksi kelompok intoleran tersebut melakukan pelanggaran hukum.

Kedua, mendesak Pemkot Bekasi menghentikan tindakan diskriminatif dan bersikap tegas terhadap para pengancam dan pelaku kekerasan. SobatKBB akan melakukan konsolidasi korban di Bekasi dan sekitarnya untuk menghentikan tindakan penutupan paksa dengan cara-cara damai.

Jakarta, 4 April 2013

Pdt. Palti Panjaitan
Ketua Koordinator Nasional SobatKBB